nanotech lihat situs sponsor

Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Menuju Hadiah Nobel
H2-89

SALATIGA- UKSW Salatiga mulai mengembangkan program Nano Teknologi. Tujuannya, menciptakan produk bioteknologi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Program yang didanai pengusaha Muchtar Riadi itu juga bertujuan mendukung hasil kerja intelektual UKSW untuk memperoleh hadiah Nobel.

"Mengapa tidak, intelektual kita bisa meraih penghargaan Nobel di bidang ilmu pengetahuan? UKSW punya sejumlah dosen yang merupakan pakar teknologi dan telah diakui dunia. Mereka harus didukung agar dapat menciptakan produk yang dapat berguna," tutur Rektor UKSW Prof Dr John A Titaley, belum lama ini.

Menurutnya, bukan hanya penghargaan yang menjadi tujuan utama program tersebut, melainkan juga hasil yang bermanfaat bagi manusia. Mengenai kinerja para intelektual yang dimiliki UKSW, John mengemukakan, tidak perlu disangsikan kemampuan para intelektual tersebut.

"Mereka ahli dalam bidang fisika, biologi, dan komputer. Target pertama adalah penelitian untuk pengembangan rekayasa biologis untuk produk medis," ujarnya.

Para intelektual tersebut di antaranya Yohanes Surya (fisika), Ferri Kanua (rekayasa biologis), Daniel Manungga (komputer), dan Leenawaty Limantara (klorofil).

Meski masih dalam tahap awal, John yakin penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh para intelektual tersebut akan berjalan baik. Meski enggan menyebutkan jumlah dana untuk program Nano Teknologi, dia mengakui, dana yang dibutuhkan lumayan besar.

Dia menjelaskan, bantuan berupa peralatan penunjang kegiatan laboratorium dari PT Djarum beberapa waktu lalu juga akan digunakan untuk membantu program tersebut. "Bantuan peralatan dari PT Djarum itu juga kami gunakan untuk program Nano Teknologi," kata John.

Sementara itu, untuk mengembangkan hasil-hasil kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh Fakultas dan Program Magister Biologi, UKSW juga berniat menambah program studi lanjutannya. "Saya berharap tahun 2005 kami sudah bisa membuka program Biofarma. Program tersebut akan menghasilkan sarjana di bidang produk farmasi."

Sumber : Suara Merdeka (14 Oktober 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 5 Januari 2005

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI