nanotech lihat situs sponsor

Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Telah berhasil diciptakan motor 250x lebih kecil dari rambut
Guz

Ilmuwan-ilmuwan Amerika Serikat mengatakan mereka telah berhasil menciptakan motor yang 250x lebih kecil dari rambut manusia, sebuah terobosan terkini dari teknologi nano.

Motor yang mampu berputar/bergerak ini berbahan carbon yang ujung-ujungnya terdapat dioda silikon yang sangat kecil. Listrik yang dialirkan ke dioda ini akan menggerakkan/memutar karbon yang putaran tergantung dari kontrol voltase arus listrik yang masuk.

Motor yang super kecil ini merupakan memang bukan merupakan motor terkecil yang pernah ada di dunia, rekor motor terkecil dipegang oleh eksperimental "Bio-Switches" yang terbuat dari molekul DNA dikendalikan oleh reaksi kimia. Meskipun demikian, motor mini yang terbuat dari karbon ini, memiliki kemajuan yang sangat berarti karena motor ini merupakan motor mekanik terkecil yang kontrolnya menggunakan listrik.

Ketika ilmuwan belahan bumi lain mengadaptasi teknologi tinggi yang sekarang sedang populer, Ilmuwan-ilmuan Eropa dan Amerika justru sudah sejak lama mulai `tergila-gila` dalam eksperimen nanoteknologi, karena dimasa depan nanoteknologi dianggap sebagi teknologi yang akan menggantikan teknologi yang ada sekarang yang diaplikasikan ke bidang komunikasi dan pengobatan.

Banyak ilmuwan gagal dalam eksperimentalnya ketika harus membuat motor-motor berukuran super mini yang hanya bisa dilihat oleh mikroskop. Sejauh ini belum ada ilmuwan elektro-mekanik menciptakan motor sekecil ini, kebanyakan mereka gagal ketika motor-motor supermini mereka yang terbuat metal-plastik harus diperkecil dalam ukuran mikron.

Dengan keberhasilan ini, kemajuan teknologi nano semakin tampak terasa, rencananya teknologi motor super mini ini nantinya diaplikasikan ke sistem komunikasi masa depan atau digunakan dalam bidang kedokteran sebagai pengontrol aliran cairan. (GZ/DSC/dic)

Sumber : Indocenter (28 Juli 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 5 Januari 2005

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI