nanotech lihat situs sponsor

Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

IBM dan Stanford University Kembangkan Teknologi Spintronics
Xinhuanet.com

IBM Senin kemarin mengumumkan akan bekerja sama dengan Stanford University untuk mengembangkan teknologi nano baru atau Spintronics. Teknologi ini akan berguna untuk menciptakan lebih banyak chip komputer berkecepatan tinggi dan menghasilkan perangkat elektronik yang lebih baik.

Sejumlah tenaga ahli IBM yang bekerja di pusat riset Almaden dan Stanford University akan membentuk IBM-Stanford Spintronic Science and Applications Center (SpinAps), yakni pusat kajian dan penerapan teknologi Spintronic.

"Para peneliti SpinAps akan membuat terobosan baru yang dapat menciptakan revolusi industri elektronik, seperti halnya transistor 50 tahun silam," tutur Robert Morris, Director dan Vice President Almaden Research Center. Dalam proyek ini IBM akan mengerahkan sekitar 20 pakarnya untuk bekerja sama dengan tim peneliti Universitas Stanford yang terdiri dari profesor dan mahasiswa.

Spintronics merupakan suatu teknologi untuk mengontrol arus elektron dengan presisi tinggi. Arus elektron biasanya dalam keadaan naik atau turun. Rangkaian arus itu akan menghasilkan bahan magnetik. Memahami dan mengontrol sifat ini menurut IBM merupakan kunci untuk menciptakan perlengkapan elektronik.

Sumber : Bisnis Jakarta (27 April 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 5 Januari 2005

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI