nanotech lihat situs sponsor

Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Dimulainya Penggunaan Probe Yang Sangat Kecil Untuk Penyimpan Data
Andi Suhandi (P2F LIPI)

Pada awal 1990an, ilmuwan menggunakan suatu “probe gaya atom” untuk menempelkan 35 atom untuk membuat ejaa IBM dalam sebuah surat mikroskopik. Peneliti di pusat penelitian Almaden menduga bahwa akan dibutuhkan 25/30 tahun untuk dapat mengunakan teknologi ini pada sistem penyimpan data.

Tapi, apa yang terjadi!

Sebuah perusahan kecil berbasis di Fremont bernama Nanochip Inc., telah berhasil mengembangkan prototipe probe gaya atom, sebuah instrumen yang sangat kecil yang digunakan untuk membaca dan menulis informasi pada tingkat molekular. Alat ini mampu merekam hingga 1 trilyun bit data, disebut terabit, pada 1 inci persegi. Itu merupakamn kecepatan penyimpanan data pada hard disck magnetik yang diharapkan mampu dibuat pada tahun 2010. ini equivalen dengan memindahkan isi dari 25 DVD pada sbuah chip seukuran perangko. Hal ini merefleksikan apa yang dicapai oleh proyek penelitian Millipede IBM, “sebuah proyek penelitian yang menjanjikan” bagi pengembangan produk. Sedangkan Nanochip, yang mempunyai paten pada versi teknologinya sebelum IBM, mengunakan bahan dan proses yang berbeda.

Dan, Nanochip sekarang berjuang melawan tantangan yang lebih besar-mengembangkan microelectromechanical system (MEMS), dibutuhkan untuk mengontrol probe dan teknik produksi masal yang dibutuhkan untuk dapat memasarkan produk tipe baru ini yang disebut memori non-volatile, atau penyimpan data yang tidak butuh energi untk terus menyimpan bit data pada tempatnya.

Jika berhasil, teknologi Nanochip dapat mengambil $7 millyar pasar flash memori-yang dapat terus mengecilkan ukurannya hingga akhir dekade ini-pada arah yang seluruhnya baru. Bayangkan, kita dapat merekam lusinan jam video digital berkualitas tinggi ke dalam telepon genggam atau menyimpan semua koleksi musik digital kita ke dalam PDA.

Gordon Knight, CEO, yang juga seorang veteran industri penyimpanan data, percaya bahwa Nanochip dapat menawarkan produk pertamanya pada pertengahan 2007. Tetapi akan ditemui banyak kendala disepanjang perjalanannya. “Kami sangat optimis, itu seperti menikmati bawang selapis demi selapis. Sangat menarik dan menyenangkan, dan kami telah mendapatkan Investor-investor besar, tetapi kami juga masih memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.” Katanya.

Nanochip telah memiliki 2 rekanan pabrikasi, satu laboratorium Silicon Valley yang dirahasiakan, satu lagi pabrikan asal Singapura yang bernama MEMS Technology SHD Bhd, atau dikenal sebagai AKN Tech. Investor,-termasuk AKN, New Enterprise Association di Menlo Park, JK&B Capital di Chicago, dan Investasi bersama Microsoft-, sejauh ini telah menanamkan $23,4 juta pada Nanochip, yang mempekerjakan hanya sekitar selusin pegawai. Pada saat bersaman, penelitian IBM di Zurich telah menanamkan puluhan juta dolar pada proyek Millipede dan memberikan apresiasi pada ilmuwan proyek itu termasuk pemenang hadiah nobel yang pertama kali menggunakan “scanning tunelling microskope” untuk digunakan sebagai probe gaya atom. Peneliti pada Ibm Almaden Research Lab di San Jose membantu mengembangkan material baru bagi Millipede.

“Chip lengkap pertama telah dibuat dan mereka telah berfungsi dengan laju data yang sangat baik, tapi kami harus melakukan berbagai hal dulu sebelum masuk ke pengembangan produk. Kita harus yakin kita dapat berbuat banyak pada volumenya,” jelas Hans Coupal, manager alat dn sistem inovasi di IBM Almaden.

Beberapa analis berspekulasi bahwa perusahaan ini menanamkan ambisinya pada penyimpanan masa depan di proyek Millipede ini, mengingat bahwa IBM menjual divisi magnetik hard disck drivenya ke Hitaci pada 2002. Proyek Millipede IBM mendapatkan ketenaran dengan membuat suatu susunan lebih dari 1000 probe gaya atom yang sangat kecil yang mampu membuat lubang berukuran puluhan nano pada lapisan polimer yang sangat tipis.

Kembali ke Nanochip, perusahaan ini mengunakan desain dan bahan yang jauh berbeda, jelas Tuan Knight, tetapi ia menolak menjelaskan secra rinci. Dan tentang kontok dengan medianya, Nanochip telah membuat perjanjian bersama Ovonik, sebuah perusahaan yang berbasis di Michigan yang menemukan media perubahan fase, tipe lapisan tipis yang digunakan pada CD dan DVD, disk baca tulis. Materialnya telah menunjukan ketahanan pada penggunaan lainnya, kata Tuan Knight, merujuk pada laporan Intel Corp. yang menyatakan bahwa lapisan itu bertahan lebih dari 1 trilyun putaran “baca” dan “tulis”.

“Istilah ‘gaya atom’ terdengar seakan-akan data disimpan denagn cara memanipulasi atom secara individual, teapi kenyataannya adalah setiap bit terbuat dari ratusan molekul,”katanya. “Itulah keindahan teknologi ini. Dia punya kaki. Kita dapat melihatnya semakin baik di masa depan dengan media yang semakin baik pula”.

Diterjemahkan oleh Andi Suhandi, P2F LIPI

Sumber : Janet Rae-Dupree, Silicon Valley/San Jose Business Journal, 21-02-2005

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 27 April 2005

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI