nanotech lihat situs sponsor

Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Suara Ultra Berintensitas Tinggi Menciptakan Bolanano dan Kristalnano Berongga
Andi Suhandi (P2F LIPI)

CHAMPAIGN, Ill. – Dengan mengunakan suara ultra berintensitas tinggi, para peneliti di University of Illonois Urbana-Champaign telah menciptakan bolanano berongga dan kristalnano berongga yang pertama. Bolanano ini dapat digunakan pada mikroelektronik, panghantar obat, dan sebagai katalis dalam pembuatan bahan bakar ramah lingkungan.

“Kami mengunakan suara ultra berintensitas tinggi untuk menghasilkan partikelnano dari molydenum disulfide atau molybdenum oxide, yang akan mengikat pada permukaan silika kecil yang berukuran jauh lebih kecil dari sel darah merah,” kata Ken Suslick, seorang Professor kimia di Marvin T. Schmidt – Illonois dan peneliti pada Beckman Institute for Advanced Science and Technologi. “Setelah memanaskan permukaannya untuk menghasilkan pelapisan yang uniform, kami mengunakan asam hidrofluoric untuk menghilangkan silikanya, meninggalkan cangkang berongga dari material yang diinginkan.”

Suslick dan teman peneliti postdoctoral terdahulunya, Arul Dhas, menerangkan pekerjaan mereka pada karya tulis yang telah diterima untuk dipublikasikan pada Journal of the American Chemical Society, dan dilampirkan di situsnya. Pendanaannya ditanggung oleh National Science Foundation.

Bolanano berongga yang dibuat dari molybdenum disulpide dapat berlaku sebagai katalis yang superior untuk menghilangkan bahan yang mengandung sulpur pada bahan bakar fosil.

“Molybdenum-disulpide adalah bahan yang berlapis, tetapi aktivitas kataliknya berlangsung pada ujung-ujungnya saja,” kata Sunlick. “Dengan penggeseran dan pengrusakan lapisannya, bolanano berongga menambah luas permukaan ujung-ujungnya, sebaik akses pada kedua permukaan dalam dan luarnya.”

Pemrosesan lebih lanjut dari bola berongga yang terbuat dari molybdenum oxide, dihasilkan dalam formasi yang tidak biasa dari kristal berongga menyerupai kotak terpotong. Sewaktu pemanasan yang kedua kalinya – merujuk pada thermal annealing – bola molybdenum oxide berongga bertransformasi menjadi kotak-kotak kristal tunggal dengan rongga sperikal.

Prosedur sonokimia dapat dengan mudah diaplikasikan pada sistem bahan yang berbeda untuk menghasilkan tambahan tipe rongga lainnya, partikel berstrukturnano, kata Sulick.

Sonokimia muncul dari kekosongan akustik – formasinya, tumbuh dan pecahnya gelembung kecil gas dalam sebuah cairan yang dipecahkan oleh suara. Ketidakstabilan gelembung ini menghasilkan pemanasan lokal yang intensif, membentuk titik panas pada cairan dingin dengan temperatur 9.000 derajat Fahrenheit, tekanan 1.000 atm dan durasi sekitar sepermilyar detik.

Sebagai perbandingan kasar, nilai ini dapat mewakili suhu pada permukaan matahari, tekanan di dasar samudera, dan waktu hidup kilatan petir. Suara ultra terdiri dari gelombang suara di atas 18.000 putaran per detik, terlalu tinggi untuk dapat didengar oleh telinga manusia.

Sumber : EurekAlert, 22 Februari 2005

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 26 April 2005

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI