nanotech lihat situs sponsor

Jumat, 27 Mei 2022  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Deklarasi Masyarakat Nanoteknologi Indonesia (MNI)
MNI

Pada hari Kamis tgl 28 April 2005 di gedung PDII lt 2, LIPI jl. Jendral Gatot Subroto no. 10, Jakarta, telah dideklarasikan Masyarakat Nanoteknologi Indonesia (MNI). Deklarasi dihadiri oleh lebih dari 10 lembaga riset dan perguruan tinggi serta kalangan industri, diantaranya adalah LIPI, BATAN, BPPT, UI, ITB, UGM, ITS, Politek ITS dan Unsyiah. Deklarasi diawali dengan Workshop Nanoteknologi ke-2 yang dihadiri oleh Prof. Dr. Shogo Shimazu dari Universitas Chiba, Jepang sebagai pembicara tamu dan 9 pembicara pakar nanoteknologi dari dalam negeri yang membawakan presentasi dalam bidang 1) Nanomaterial, 2) Nanobioteknologi, 3) Nanoelektronik dan Devais, dan 4) Nanokimia. Workshop kali ini diikuti oleh 130 peserta dan dibuka oleh Ketua LIPI.

Para wakil pakar nano dari berbagai institusi yang berjumlah 18 orang secara mufakat memilih Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M. Eng. sebagai ketua Masyarakat Nanoteknologi Indonesia (MNI) periode 2005-2008 yang selanjutnya diberi waktu 2 bulan untuk menyusun kepengurusan secara lengkap. Dalam sambutannya, sebagai ketua terpilih, Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M. Eng. mengatakan bahwa MNI diharapkan dapat menjadi forum kerjasama antar semua potensi yang ada secara sinergi untuk mensupport industri nasional dan juga memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat Indonesia hari ini. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dengan Nanoteknologi, seluruh permasalahan teknologi masa depan akan dapat diselesaikan. Sebagai contoh, Nanobaja hasil penelitiannya ternyata memiliki kekuatan dan umur 2 kali dari baja sebelumnya.

Deklarasi MNI diakhiri dengan pemaparan Prof. Dr..Ir. Lilik Hendrajaya, MSc, Deputi Bidang Perkembangan Riset, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT) tentang kebijakan KNRT berkaitan dengan pengembangan Nanoteknologi di Indonesia serta harapan-harapan baliau terhadap MNI yang barusaja terbentuk.

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 10 Mei 2005

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI